PKM Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis “Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Simpan Pinjam pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Sari Perumahan Sarana Indah Permai Kedaung Pamulang Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten”

Salam Budi Luhur,

Koperasi merupakan suatu wadah organisasi ekonomi yang beroperasi dengan dilandaskan prinsip gerakan ekonomi rakyat. KSU Mekar Sari yang berlokasi di Perumahan Sarana Indah Permai- Kedaung Pamulang, Banten merupakan salah satu contoh bentuk koperasi yang berfokus pada kegiatan simpan pinjam bagi anggota koperasi. KSU Mekar Sari memiliki peranan penting sebagai lembaga keuangan mikro yang mempermudah masyarakat sekitar untuk melakukan investasi dan sumber pendanaan untuk usaha. Peran penting KSU Mekar Sari bagi masyarakat sekitar seharusnya dapat dimaksimalkan dengan ketersediaan standar operasional prosedur yang baik untuk semua aktivitas yang dilakukan. Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur mencoba menjawab dan membantu mengatasi persoalan tersebut dengan melakuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kegiatan simpan pinjam KSU Mekar Sari. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksakan oleh tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari Prita Andini, SE, M.Akt, Puspita Rani, S.E, M.Ak, Anita Wahyu Indrasti, SE, M.Akt, dibantu juga oleh Lulu Dhia Salsabila  dan Adelia Eka Safitri untuk membantu tim PKM dalam penyusunan SOP ini.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu :

  1. Observasi/ pengamatan terhadap aktivitas penyetoran tabungan sebagai aktivitas simpan serta aktivitas pengajuan pinjaman oleh para anggota Koperasi.
  2. Wawancara dengan para pengurus KSU Mekar Sari tentang rincian semua aktivitas yang dilakukan, agar dapat menjadi masukan mengenai kebutuhan dan harapan dari para pengurus selaku pelaku aktivitas dalam penyusunan SOP.
  3. Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) kegiatan simpan pinjam pada KSU Mekar Sari Perumahan Sarana Indah Permai Kedaung Pamulang Kota Tangerang Selatan
  4. Sosialisasi, setelah SOP selesai disusun, maka tim akan mensosialisasikan SOP tersebut pada semua pengurus KSU Mekar Sari dengan membuat print out SOP tersebut sebagai panduan bagi para anggota.

Adapun beberapa kegiatan yang berhasil di dokumentasikan adalah sebagai berikut:

 Gambar 1.  Penjelasan mengenai aktivitas yang dilakukan pada KSU Mekar Sari oleh Ketua Pengurus

Gambar 2. Diskusi dan wawancara Tim PKM dengan pengurus mengenai kebutuhan dan harapan dalam penyusunan SOP

Gambar 3. Berfoto Bersama setelah kegiatan diskusi dan wawancara penyusunan SOP simpan pinjam KSU Mekar Sari

Comments are closed.