PKM Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis “Pendampingan Pengolahan Sampah Menjadi Produk Kerajinan Tangan di RW.06 Karang Tengah, Ciledug, Tangerang”

Salam Budi Luhur,

Permasalahan tentang pengelolaan sampah mendorong beberapa pihak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur mencoba menjawab dan membantu mengatasi persoalan tersebut dengan melakuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksakan pendampingan dalam pengolahan samapah menjadi produk kerajinan. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksakan oleh tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari Desy Anggraeni, SE, M.Akt, Nora Hilmia Primasari, SE, M.Si, Hari Subagio, SE, MM, dibantu juga oleh Umi Tutik dan Ida Rohmatika sebagai pendamping pembuatan kerajinan dari galeri bank sampah Universitas Budi Luhur, juga dibantu oleh mahasiswa yaitu Ayu Aprilia.

Pengabdian Masyarakat ini menggunakan metode pendampingan. Dilakukan dengan tiga tahapan. Tahap pertama perencanaan, kedua pelaksanaan kegiatan, dan tahap yang ketiga evaluasi dan monitoring. Pelaksanaan kegiatan diadakan pada hari Jumat 6 Desember 2019. Kegiatan pendampingan ini dimulai tepat waktu yaitu dari pukul 14.00, dan berakhir sampai pukul 17.00. Pendampingan pengelolaan sampah menjadi produk kerajinan tangan di RW.06 Karang Tengah, Ciledug ini sangat berhasil membantu ibu-ibu dalam membuat kerajinan yang berasal dari sampah, dan para ibu-ibu juga sangat antusias selama pendampingan.

Dalam pendampingan ini di khususkan dalam membuat kerajinan dengan metode anyaman dan rajutan. Dari hasil anyaman ibu-ibu PKK telah bisa membuat dompet sederhana, sedangkan dari kegiatan merajut dikarenakan waktu yang terbatas tim Abdimas memutuskan untuk membuat bross, dan sebagian ibu-ibu juga telah berhasil membuat bross. Berdasarkan permintaan ibu-ibu peserta bahkan nanti kedepan akan ada rencana lanjutan dengan tema yang masih sama, dan para peserta juga berencana untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan dari sampah langsung ke Universitas Budi Luhur. Adapun beberapa kegiatan yang berhasil di dokumentasikan adalah sebagai berikut:

Gambar.1: Ibu ketua PKK memberikan sambutan  sebelum acara di mulai

Gambar.2: Bapak Hari Subagio mempresentasikan rencana pendampingan yang akan dilaksanakan tim Abdimas

          Gambar 3: Abdimas mempraktekkan pembuatan kerajinan

Gambar 4: Ibu-Ibu Peserta Abdimas antusias mendengarkan arahan dan mempraktekkan pembuatan kerajinan

Gambar 5: Salah satu peserta pelatihan memamerkan bross hasil karyanya sendiri, yang berhasil dibuat

 

 

 

Comments are closed.