PKM Dosen Akuntansi “Pemanfaatan Google Ads Sebagai Penunjang Bisnis UMKM Dimasa Pandemi Covid-19

Salam Budi Luhur,

Peran pelaku UMKM di tengah wabah pandemic untuk menjaga pertumbuhan UMKM menjadi sangat penting. Saat ini yang perlu dilakukan pemerintah adalah mencagah penyebaran Covid-19. Sebab dengan menahan laju penyebaran Covid-19 akan berpengaruh terhadap perekonomian[1].  Masalah yang dihadapi oleh UMKM selama pandemik Covid-19 ini antara lain penurunan penjualan, kesulitan bahan baku, distribusi terhambat, permodalan dan produksi menurun.

Dengan adanya pemberlakuan social distancing yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan ikut berdampak pada tren minat belanja online orang Indonesia. Dengan adanya tren pembelian seperti ini, maka UMKM dituntut untuk dapat mengembangkan penjualannya tidak hanya melalui gerai fisik, tetapi juga melakukan penjualan melalui gerai online. Diperlukan hal-hal khusus untuk melakukan penjualan melalui media online  yang efektif, namun memberikan hasil yang maksimal dalam bisnis. Dengan adanya pandemic Covid-19 membuat UMKM mulai terbiasa dengan pola transaksi digital. Diprediksi pola transaksi digital akan terus terawa meski pandemic usai nanti. Mulai dari menarik kelompok sasaran pelanggan, memahami apa yang diinginkan pelangan, memahami daya beli pelanggan, serta pemetaan kebiasaan pelanggan yang dituju.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, Dosen yang terdiri dari lintas ilmu Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Indah Rahayu Lestari, SE., M.Akt,  Rinny Meidiyustiani, SE, M.Akt, , dan Desi Natalia ss., MM, memberikan sosialisasi dan pelatihan pelatihan mengenai pemanfaatan Google Ads untuk membantu menunjang bisnis yang berbasis sistem informasi yang membantu dalam penjualan, serta menjangkau pelanggan yang lebih relevan sesuai anggaran serta memaksimalkan hasil dari bisnis. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta UMKM, RT dan RW Kelurahan Karang Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 dari pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Kegiatan diawali dengan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan bisnis dengan memanfaatkan media online bagi kemajuan UMKM. Tim pengabdian membantu mengenalkan dan cara menggunakan Google Ads kepada UMKM. Tim pengabdian juga akan menjelaskan apa saja yang didapatkan UMKM dengan menggunakan Google Ads untuk menunjang bisnis yang berbasis sistem informasi untuk membantu dalam penjualan, serta menjangkau pelanggan yang lebih relevan sesuai anggaran serta memaksimalkan hasil dari bisnis.

Tahapan Persiapan Mengecek Jaringan  Internet dalam Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan yang didampingi Seketraris Lurah

Pemberian Materi kepada Peserta

Pemberian Materi kepada Peserta

Comments are closed.