PKM Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis “Pembuatan Aplikasi Program Aktivitas Simpan Pinjam Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Sari Perumahan Sarana Indah Permai Kedaung Pamulang Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten”

Salam Budi Luhur,

KSU Mekar Sari merupakan salah satu contoh koperasi yang berfokus pada kegiatan simpan pinjam bagi anggota koperasi. KSU Mekar Sari berlokasi di Perumahan Sarana Indah Permai- Kedaung Pamulang, Banten. Sebagai koperasi simpan pinjam, KSU Mekar Sari berperan penting sebagai lembaga keuangan mikro yang mempermudah masyarakat sekitar untuk melakukan investasi dan sumber pendanaan untuk usaha. Tim dosen akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur yang terdiri dari Prita Andini, SE, M.Akt, Dr. Puspita Rani, S.E, M.Ak, Anita Wahyu Indrasti, SE, M.Akt, dibantu oleh mahasiswa yaitu Lulu Dhia Salsabila  dan Adelia Eka Safitri, pada semester genap 2019/2020 ini telah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di KSU Mekar Sari. Kegiatan PKM ini merupakan lanjutan dari kegiatan PKM pada semester Gasal 2019/2020 lalu yang berfokus pada pendampingan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi KSU Mekar Sari.

Untuk menjaga kesinambungan kegiatan PKM pada semester sebelumnya, pada semester ini tim PKM melanjutkan pendampingan bagi pengurus KSU Mekar Sari yang berfokus pada pengembangan atau pembuatan aplikasi program untuk mencatat semua aktivitas transaksi pada KSU Mekar Sari. Tersedianya sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi bagi suatu organisasi merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dapat mendorong efektifitas dan efisiensi operasional organisasi tersebut. Pengembangan aplikasi pada KSU Mekar Sari akan membantu pengurus dalam hal pengelolaan data master anggota, pencatatan transaksi setoran simpanan, pemberian pinjaman, pembagian sisa hasil usaha serta transaksi lain yang dilakukan. Dengan adanya aplikasi terkomputerisasi, diharapkan dapat meminimalisir risiko kesalahan dalam pendataan dan pencatatan transaksi sehingga dapat menyediakan informasi laporan yang lebih andal dan membantu proses pengambilan keputusan dan evaluasi pada KSU Mekar Sari.

Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan diskusi internal tim PKM terkait dengan jenis platform aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya pengurus KSU Mekar Sari maupun tim PKM. Dengan beberapa pertimbangan yang meliputi lingkup transaksi KSU Mekar Sari yang relatif tidak terlalu besar dan banyak serta kebutuhan fleksibilitas yang tinggi terkait azas kekeluargaan yang dijunjung koperasi dan sumber daya pengurus yang mayoritas kurang familiar dengan teknologi komputer, maka tim PKM memutuskan untuk mengembangkan aplikasi program untuk KSU Mekar Sari dengan berbasis Microsoft Excel. Dengan menggunakan fasilitas Macro dan Visual Basic for Application (VBA) di Microsoft Excel, tim PKM menyediakan fasilitas input dan kelola data baik untuk master data anggota koperasi maupun untuk transaksi simpan pinjam.

Adapun contoh dari tampilan laman menu pada aplikasi excel yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Tampilan Halaman Menu Aplikasi KSU Mekar Sari

Gambar 2.  Tampilan Form Input Keanggotaan KSU Mekar Sari

Pengembangan aplikasi KSU Mekar Sari yang dilakukan tim PKM pada semester genap 2019/2020 ini merupakan tahap 1 yang mencakup pengembangan untuk menu master anggota dan menu simpanan anggota. Sedangkan untuk tahap 2 yang meliputi pengembangan aplikasi untuk menu pinjaman, transaksi keuangan lain serta laporan keuangan koperasi direncanakan akan diselesaikan pada semester mendatang yaitu gasal 2020/2021.

Gambar 3. Tim PKM Berfoto Bersama dengan pengurus KSU Mekar Sari

Comments are closed.