PKM Dosen Prodi Manajemen “Pelatihan Optimalisasi Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Hypnoeducation” Oleh : Retno Fuji Oktaviani, SE, MM; Dr. Dewi Puspaningtyas Faeni, MBA; Ratih Puspitaningtias Faeni, SH., MM

Salam Budi Luhur

Konsep pengelolaan manajemen sumberdaya manusia, memerlukan perubahan paradigma yang mendasar dalam pelaksanaannya. Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dijabarkan secara sistematis dalam pengelompokan pekerjaan, dimulai dengan pengelolaan remaja, pengelompokan remaja berdasarkan minat, pengumpulan kompetensi remaja, pemilahan remaja berdasarkan prestasi, peningkatan remaja yang telah secara sistematis terpilah dalam pengelompokannya.  Sistematika pengelolaan sumberdaya manusiayang artinya adalah menggunakan atau memanfaatkan kemampuan dan prestasi yang dimiliki para remaja pada saat ini, pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Budi Luhur.

Proses diatas merupakan wujud nyata dari perubahan paradigma berpikir yang mengahasilkan sikap atau perilaku positif dalam pembentukan karakter bangsa melalui pembentukan mental remaja. Salah satu perubahan paradigma dimaksud adalah antara lain; mengurangi jumlah kenakalan para remaja, mengurangi efek negatif pada perilaku remaja, meningkatkan prestasi remaja secara akademis dan prestasi di luar sekolah, mengelompokan dan mengelola remaja sehingga memberikan manfaat positif yang akhirnya dapat mengurangi dampak negatif pergaulan yang buruk. Salah satu usaha dalam merubah paradigma para remaja adalah dengan mengelola mentalitas mereka melalui kegiatan yang positif dan terklasifikasi menggunakan peningkatan kemampuan mereka yang disesuaikan dengan potensi masing-masing.

Model hypnosis adalah suatu sistem pengelolan pengubahan paradigma berpikir menggunakan kekuatan alam bawah sadar yang secara sistematis mampu mendorong remaja berperan aktif dalam pencapaian prestasinya. Pelaksanaan ini memberikan banyak sekali manfaat kepada remaja melaui sistem yang terstruktur dan memiliki kontinyuitas, yaitu disamping menjauhkan remaja dari pengaruh pergaulan negatif, juga peningkatan prestasi bagi para remaja yang terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini pula yang mendasari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam pelaksanannya yang akan melibatkan para dosen yang terlibat dari fakultas-fakultas lain di Universitas Budi Luhur. Pada kegiatan PKM ini kami memberikan pembekalan materi manajemen diri untuk meningkatkan prestasi belajar SMAN 86 Jakarta kepada siswa-siswi kelas XII yang akan mengikuti Ujian Nasional. Seluruh peserta mampu mengikuti kegiatan dengan sangat baik dan menerapkan setiap suggesti positif yang diberikan secara langsung saat kegiatan PKM berlangsung.

Comments are closed.