PKM Dosen Prodi Manajemen “Pemanfaatan Lahan Tak Produktif sebagai Upaya Edukasi Pelestarian Lingkungan Bagi Santri TPQ Al Firdaus di Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten”

Salam Budi Luhur

Tim Abdimas Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri Muhammad Nuur Farid Thoha SE, MSi, Sugeng Priyanto SE MM dan Mia Laksmiwati SE MM pada hari Kamis 14 Januari 2021, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pemanfaatan  Lahan  Tak  Produktif  sebagai  Upaya  Edukasi  Pelestarian  Lingkungan  Bagi  Santri  TPQ  Al Firdaus  di  Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten”.

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Firdaus, Brangkal merupakan lembaga pendidikan yang dalam kegiatan belajar mengajarnya memberikan bekal pengetahuan keagamaan bagi santri/peserta didiknya di samping pengetahuan umum lainnya. TPQ Al Firdaus, selama ini dibina oleh tokoh-tokoh agama Islam/Ustad dan Ustadzah di lingkungan desa Brangkal Kecamatan. Karanganom Kabupaten Klaten. TPQ AL Firdaus sudah berdiri 22 Tahun dengan konsisten tidak dipungutnya biaya kepada santri dan keluarganya (belajar gratis biaya), sedangkan untuk sarana dan prasarana Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Firdaus selama ini diperoleh dari dana pribadi dari semua ustadz yang mengajar di TPQ Al Firdaus. Dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar, dibutuhkan dana yang tidak sedikit dan berkelanjutan. Sumber dana yang digunakan untuk operasional TPQ berasal dari donator dan pribadi, yang tentunya sangat terbatas.

Jika melihat kondisi lokasi TPQ, masih terdapat lahan yang cukup luas yang belum dimanfaatkan secara produktif. Lahan tersebut bisa sebagai sumber pendapatan dengan penanaman pohon produktif. Selain hasilnya dijual untuk menambah sumber dana operasional juga dapat mendidik santri untuk peduli terhadap lingkungan di sekitar TPQ. Dengan adanya penanaman pohon tersebut akan memberikan beberapa manfaat antara lain: mencegah erosi tanah, membuat kualitas udara menjadi lebih baik, berguna untuk mencegah terjadinya banjir, mendapatkan pupuk alami, pemandangan hijau yang indah dan mendapat hasil panen.

Para santri TPQ Al Firdaus dididik sejak dini untuk melakukan pelestarian lingkungan dengan pohon produktif sehingga punya nilai tambah secara ekonomi, yaitu dengan adanya buah yang dihasilkan maka dapat dijual untuk mendapatkan pendapatan. Secara tidak langsung juga ditumbuhkan jiwa wirausaha di bidang pertanian.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, yang dilakukan di TPQ Al Firdaus, melakukan edukasi tentang pelestarian lingkungan dengan budidaya penanaman pohon buah yang mudah perawatan dan cepat berbuah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 metode. Secara virtual, dengan memperlihatkan film tentang cinta dan pelestarian lingkungan hijau kepada para santri. Kegiatan berikutnya dengan melakukan penanaman pohon buah yang terdiri dari: jambu Kristal, papaya California, belimbing Demak dan pisang di lahan TPQ Al Firdaus. Para santri yang hadir 35 orang santri dan Ustad serta  Ustadzah pengelola TPQ sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Para santri diberi tanggungjawab untuk memelihara pohon yang sudah ditanam secara kelompok. Setiap pohon dipelihara oleh 5-7 orang santri.

Dokumentasi :

Virtual (online) film : https://youtu.be/F4ofd1rg9vc

Gambar 1: Para santri dan Ustad/Ustadzah di TPQ Al Firdaus

Gambar 2 dan 3 : Para santri, ustad TPQ Al Firdaus serta dosen FEB Universitas Budi Luhur melakukan penanaman pohon jambu kristal dalam rangka pelestarian lingkungan hijau di lingkungan TPQ Al Firdaus desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten

Gambar 4 : Dosen FEB Universitas Budi Luhur pada kegiatan PKM – Pelestarian Lingkungan dengan Penanaman Pohon Buah di TPQ Al Firdaus Desa Bangkalan , Karanganom- Klaten (via virtual)

Comments are closed.