PKM Dosen Prodi Akuntansi “Kemampuan Mengelola Keuangan Dengan Cerdas Dan Efektif Di Era Pandemi Covid 19 Bagi Costumer PT. Astra International Tbk, Toyota Auto 2000 Cabang BSD Tangerang”

Mengatur keuangan berarti mengelola semua pendapatan dan penerimaan, baik penerimaan yang rutin maupun yang tidak rutin. Pengeluaran keuangan tidak boleh melebihi dari penerimaan uang yang kita miliki. Keadaan keuangan yang melebihi penerimaan uang akan mengakibatkan terjadi hutang. Hutang bisa saja menjadi penyelamat, akan tetapi bisa menjadi malapetaka bagi yang memiliki hutang tersebut. Perencanaan keuangan di era pandemi covid 19 menjadi hal yang sangat penting, mengingat dimasa pandemi saat ini menjadikan segala sesuatunya menjadi sulit. Menyusun budgeting atau membiasakan diri untuk membuat catatan merupakan salah satu langkah yang bijaksana agar kita mengetahui pos-pos apa saja yang perlu diperhatikan ataupun dikendalikan.  

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan di PT Astra International Tbk, Toyota Auto 2000 cabang BSD Tangerang, dimana sosialisasi dan pelatihan diberikan kepada para pelanggan /customer Auto 2000 cabang BSD Tangerang. Untuk memberikan ilmu dan wawasan kepada para customer terkait pengelolaan keuangan yang cerdas dan efektif, maka Tim Universitas Budi Luhur diberikan kesempatan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan terhadap customer PT Astra International Tbk, Toyota Auto 2000 cabang BSD Tangerang. Tim Universitas Budi Luhur yang turut andil dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Dr. Agoestina Mappadang, S.E., M.M., BKP selaku ketua pelaksana beserta Ibu Melan Sinaga, S.E., Ak., M. Ak, dan Bapak Dr. Amir Indrabudiman, M.M selaku anggota tim.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari empat tahap, yaitu :

  • Tahap melakukan evaluasi awal untuk mengetahui peserta tentang perencanaan dan pencatatan keuangan. Kegiatan ini dilakukan dengan meminta peserta mengemukakan pendapatnya mengenai perencanaan dan pencatatan keuangannya disetiap bulan.
  • Pemberian materi tentang perencanaan dan pencatatan keuangan. dengan cara ceramah.
  • Pemberian pelatihan untuk menyusun rencana dan mencatat keuangan untuk tiap bulan.
  • Evaluasi akhir dilakukan dalam rangka untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

Adapun foto-foto kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil didokumentasikan sebagai berikut :

Gambar 1 Para Peserta Kegiatan
Gambar 2 Pemberian Materi Pajak
Gambar 3. Foto Bersama Peserta

Comments are closed.