PKM Dosen Prodi Manajemen dan Akuntansi “Pelatihan Pencatatan dan Manajemen Keuangan Keluarga pada Reseller PT Serikat Raja Lokal (Beeme Skincare Ibu dan Anak)”

Salam Budi Luhur,

Tim Abdimas Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri Ivo Rolanda, S.M.B., M.M, Anissa Amalia Mulya, SE, M.Akt  dan Ravindra Safitra H, SE, MM, pada hari Jumat, 26 November 2021, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “PELATIHAN PENCATATAN DAN MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA PADA RESELLER PT SERIKAT RAJA LOKAL (BEEME SKINCARE IBU DAN ANAK)”

Manajemen keuangan keluarga adalah seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang efisien, efektif dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera dan sakinah. Mengatur keuangan keluarga merupakan hal yang penting, karena keuangan keluarga secara kuantitas dan kualitas dapat bermanfaat bagi keluarga secara maksimal untuk mencapai keluarga yang sejahtera yaitu tercukupi secara materiil dan spiritual dan semua anggota keluarga bisa mengembangkan potensi sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

Keseluruhan reseller PT Serikat Raja Lokal (Beeme Skincare Ibu dan Anak) merupakan perempuan dan mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Sheyla Taradia Habib (owner Beeme) memberdayakan lebih dari 300 ibu rumah tangga untuk melek digital dan sejahtera secara finansial dengan menjadi Reseller Beeme. Sheyla (owner Beeme) ingin memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar mendapatkan penghasilan meskipun bekerja dari rumah. Melihat para reseller Beeme yang merupakan ibu rumah tangga dan mempunyai usaha sebagai reseller sehingga memiliki pendapatan yang tidak menentu dan berfluktuasi, hal ini menimbulkan permasalahan dalam pengelolaan keuangan keluarga. Adanya pos-pos yang tercampur antara modal usaha dan pengeluaran rumah tangga sehingga terjadi kekurangan modal saat untuk melakukan restock barang jika habis. Potensi reseller PT Serikat Raja Lokal (Beeme Skincare Ibu dan Anak) sangat luas karena beberapa reseller telah memiliki usaha tidak hanya produk beeme tetapi juga produk lainnya, namun pencatatan keuangan baik terkait usaha maupun pengeluaran keluarga masih jarang dilakukan.

Dengan pelatihan Pencatatan dan Manajemen Keuangan Keluarga ini diharapkan reseller Beeme mendapatkan wawasan baru bahwa pencatatan keuangan dan manejemen keuangan sangat penting baik untuk usaha maupun kesejahteraan keluarga. Reseller yang selama ini belum melakukan pencatatan keuangan dan manajemen keuangan keluarga, dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mulai menerapkannya.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, dalam bentuk pelatihan ini dihadiri oleh ibu-ibu reseller Beeme yang berasal dari seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting difasilitasi oleh PT Serikat Raja Lokal.

Hasil dari pelatihan yang telah dilaksankan daldapat dirangkum sebagai berikut:

1) Reseller diberi pelatihan cara pencatatan dan manajemen keuangan keluarga,

2) Pelaksanaan pelatihan pencatatan dan manajemen keuangan keluarga, serta

3) Pemberian contoh usaha  berupa menjadi Reseller BEEME SKINCARE yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Acara ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Peserta pun antusias mengajukan berbagai macam pertanyaan tentang keresahannya masing-masing. Perlu adanya kajian yang berkelanjutan untuk menambah pemahaman dan keterampilan peserta, dan untuk menjaring jumlah peserta yang lebih  banyak agar semakin banyak masyarakat yang mampu mengelola keuangan keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gambar 1: Poster Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat
Gambar 2 dan 3 : Foto Kegiatan Zoom Saat Pengabdian Kepada Masyarakat

Comments are closed.