PKM Dosen Prodi Manajemen dan Akuntansi “PELATIHAN TATA KELOLA SISTEM KAS KECIL bagi UMKM di YAYASAN KIBAR FOUNDATION JAGAKARSA – JAKARTA

Tim Abdimas Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri  Mia Laksmiwati SE MM ,Dicky Arisudhana SE,MM, Ak.,CA dan Sugeng Priyanto SE MM dan pada hari Senin 10  Januari 2022, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “PELATIHAN TATA KELOLA SISTEM KAS KECIL bagi UMKM di YAYASAN KIBAR FOUNDATIONJAGAKARSA – JAKARTA”

Perkembangan jumlah UMKM dari tahun ke tahun semakin bertambah. Namun perkembangan UMKM baru terlihat dari sisi jumlahnya saja. Dalam aspek financial, hanya sedikit UMKM yang mengalami perkembangan dalam hal ini kinerja keuangannya. Hal ini tak lepas dari kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya pengelolaan keuangan perusahaan. Adapun kegiatan penyusunan laporan keuangan, masih dianggap mewah dan belum sebanding dengan kegunaannya. Akibatnya pelaku UMKM tidak mengetahui secara persis berapa pendapatan (kas) yang seharusnya diterima, berapa biaya operasi yang seharusnya dikeluarkan dan berapa yang seharusnya masih tersisa. Kalaupun ada perencanaan kegiatan, biasanya tidak tersusun secara tertib sehingga mengalami kesulitan bagaimana cara mengalokasikan dana (kas) yang ada sekarang.

Permasalahan itu semakin kompleks seiring dengan semakin besarnya kegiatan usaha UMKM. Dengan semakin luasnya ukuran usaha, pelaku UMKM menjadi tidak mampu lagi memantau secara langsung kegiatan usaha yang sedang berjalan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat laporan keuangan dan menganalisisnya lebih lanjut. Selain itu tidak sedikit pelaku UMKM yang tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha, sehingga sering kali uang yang seharusnya untuk kepentingan usaha digunakan untuk keperluan pribadi. Akibatnya usaha tersebut akan kekurangan modal dan akan sulit berkembang dan bahkan mungkin bangkrut karena tidak dapat membiayai kegiatan operasionalnya. Setiap usaha diharapkan mempunyai laporan keuangan untuk menganalisis kinerja keuangan sehingga dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi pengguna laporan keuangan dalam rangka membuat keputusan-keputusan ekonomi. Namun praktik akuntansi keuangan pada UMKM masih rendah dan memiliki banyak kelemahan. Dengan Pelatihan Tata Kelola Sistem Kas Kecil, menjadi titik awal penataan pelaporan akuntansi yang dapat mendukung pertumbuhan UMKM. Karena dengan tertibnya pencatatan akuntansi diharapkan mampu menyajikan Laporan Keuangan yang sangat dibutuhkan bagi UMKM dalam rangka pengajuan kredit ke lembaga keuangan untuk memperoleh tambahan modal bagi aktivitas operasionalnya. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, yang dilakukan di Yayasan Kibar Foundation Jagakarsa – Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode tatap muka, dengan cara peserta pelatihan diberikan buku kerja yang harus diisi sesuai dengan petunjuknya serta dilengkapi dengan Panduan Tata Kelola Sistem Kas Kecil. Para peserta sangat antusias dengan diadakannya pelatihan ini dan meminta tim PKM FEB Universitas Budi Luhur dapat sebagai konsultan dan pendamping dalam memahami materi Akuntansi yang lain, sampai dapat membuat sebuah Laporan Keuangan.

Gambar 1. Bapak Dicky Arisudhana SE,MM, Ak.,CA sedang memberikan materi pelatihan
Gambar 2. Para peserta pelatihan (pelaku UMKM) sedang memahami materi pelatihan
Gambar 2 Para peserta pelatihan (pelaku UMKM) sedang memahami materi pelatihan

Comments are closed.