PKM Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis “Pendampingan Pengadaan Jaringan Dan Perangkat Internet Sebagai Penunjang Pembangunan Desa Wisata Sangkanjoyo Kabupaten Pekalongan”

Salam Budi Luhur

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertimkan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari Ibu Dr. Sri Rahayu, SE, M.Si dan Desy Anggraeni, SE,.M.Akt berkolaborasi dengan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Disain dan Kreatif (FKDK) Rocky Prasetyo Jati, S.P.T, M.Si. Dimana dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diisi dengan kegiatan pendampingan pengadaan jaringan dan perangkat internet sebagai Penunjangan Pembangunan Desa Wisata Sangkanjoyo di Kabupaten Pekalongan. Yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka mata atas perkembangan teknologi. Kegiatan pembangunan masyarakat desa Sangkanjoyo sesungguhnya telah mengimplementasi program diversifikasi usaha ekonomi kearah kegiatan non pertanian (non-farm activities), baik berupa industri mengolah produk pertanian ataupun jasa seperti pembangunan Desa Wisata Sangkanjoyo. Upaya untuk meningkatkan sektor pertanian maupun diversifikasi usaha ekonomi ke arah sektor industri wisata sangatlah membutuhkan sarana pendukung (Supporting Infrastructure) antara lain teknologi informasi dan komunikasi berupa pengembangan jaringan internet untuk berbagai aktivitas. Internet merupakan salah satu media yang paling banyak disukai masyarakat, selain sebagai media informasi. Internet juga berperan penting bagi ilmu pengetahuan. Konektivitas internet yang stabil masih menjadi tantangan utama bagi masyarakat desa Sangkanjoyo saat ini. Semakin hari semakin banyak orang yang menikmati manfaat dari internet. Melihat besarnya animo serta permintaan yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka hal tersebut merupakan peluang untuk dijadikan sarana pendidikan dan usaha dalam bersosial media di desa Sangkanjoyo dengan membuka fasilitas jaringan hotspot. Selain usaha ini membutuhkan modal yg tidak terlalu besar, peluang dalam bidang ini juga sangat besar karena masih sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk mengakses internet dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.

Selain biaya yang relatif terjangkau, sebagian besar masyarakat desa Sangkanjoyo sudah mempunyai komputer, laptop dan Smartphone untuk membantu mempermudah akses jaringan internet. Menurut Rizal dan Asep (2018) kondisi tersebut dapat memberikan peluang usaha dalam bidang internet khususnya memanfaatkan fasilitas hotspot yang sangat terbuka lebar. Berikut disajikan gambar kondisi warga desa Sangkanjoyo yang kesulitan dalam mengakses internet saat belajar daring sehingga harus berkumpul untuk belajar bersama atau berdiskusi.

Gambar 1.1 Situasi dan Kondisi Warga Desa Sangkanjoyo

Melihat situasi dan kondisi warga Desa Sangkanjoyo maka Tim Abdimas ingin membantu untuk melakukan Pengadaan Jaringan Dan Perangkat Internet Sebagai Penunjang Pembangunan Desa Wisata Sangkanjoyo Kabupaten Pekalongan.

Comments are closed.