Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Mahasiswa Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur Tahun 2023

Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur kembali menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yang biasa dilakukan yaitu Seminar dan Lokakarya (Semiloka) untuk membekali calon lulusan tentang dunia kerja dengan wawasan tentang hal-hal apa yang bisa dilakukan setelah lulus. Semiloka tahun ini diselenggarakan pada hari Kamis, 13 Juli 2023 di “The Gade Creative Lounge, Unit 6 Lantai 2 Kampus Budi Luhur” dengan judul “Dampak Perkembangan Teknologi AI Terhadap Bidang Administrasi Perkantoran dan Tumbuhkan Jiwa Muda Berwirausaha Kapanpun dan Di Manapun” dengan pembicara Eris Noviasari, Amd., MOS (Secretary to Director, Corporate IT & IS, Kompas Gramedia) dan Wuri Wijayanti, Amd. (Entrerpeneur, The Nannys), moderator Reni Hariyani, S.E., M.Akt. (dosen Program Studi Sekretari) dan MC Farras Haura (mahasiswa Program Studi Sekretari Angkatan 2022).

Semiloka diawali dengan sambutan dari Dr. Ir. Arief Wibowo, M.Kom. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur. Pak Arief menyampaikan kepada para peserta tentang peluang kerja setelah lulus dan memberikan pesan kepada para peserta agar dapat menyimak dengan baik hal-hal yang disampaikan oleh para narsumber yang merupakan alumni yang mempunyai pengalaman kerja lebih dari 8 tahun. Para peserta dapat ambil pelajaran dari pengalaman para narasumber tersebut, baik sebagai pekerja di kantor maupun dalam berwirausaha. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber pertama, Ibu Eris menyampaikan materi tentang Dampak Perkembangan Teknologi AI Terhadap Bidang Administrasi Perkantoran dan berbagi pengalaman selama 9 tahun bekerja sebagai Secretary to Director, Corporate IT & IS di Kompas Gramedia. Setelah selesai penyampaian materi, ibu Reni selaku moderator memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya. Sebanyak 6 orang peserta mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab ini, Mereka bertanya terkait hal-hal yang disampaikan pembicara dengan pengalaman 9 tahun berkerja sebagai Sekretaris, mulai dari pekerjaan apa yang tidak dapat digantikan oleh mesin/teknologi, bagaimana cara mengatasi data yang hilang jika tidak ada backup data, apakah ada aplikasi khusus untuk menangani suatu pekerjaan di kantor tersebut, hambatan-hambatan yang terjadi dalam penggunaan teknologi tersebut dan cara beradaptasi karyawan-karyawan yang bekerja di kantor tersebut dalam penggunaan teknologi, terutama dari generasi senior yang sudah lama bekerja di kantor tersebut.

Setelah sesi penyampaian materi oleh narasumber pertama selesai, dilanjutkan dengan “ice breaking” games online Kahoot!, yang berisi kuis pertanyaan-pertanyaan seputar semiloka ini. Pemenang dalam games ini adalah Salsabila Shafira (Juara 3), Khansa Xaviera (Juara 2), dan Andira Kusuma (Juara 1).

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber ke-dua, Ibu Wuri menyampaikan materi tentang Tumbuhkan Jiwa Muda Berwirausaha Kapanpun dan Di Manapun dan berbagi pengalaman 15 tahun bekerja dan berwirausaha The Nannys. Setelah selesai penyampaian materi, ibu Reni selaku moderator memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya. Sebanyak 6 orang peserta mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab ini, Mereka bertanya terkait hal-hal yang disampaikan pembicara dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun baik bekerja di kantor maupun berwirausaha. Pertanyaan yang diajukan mulai dari bagaimana cara menghadapi tantangan dalam berbisnis menjual produk yang sudah banyak dijual orang, bagaimana cara mengatasi semangat yang turun dalam berbisnis, saat mengalami kegagalan dan ingin kembali bekerja di kantor, bagaimana cara mengatasi rasa takut yang muncul saat akan memulai berwirausaha, saat mulai berbisnis yang harus diutamakan apakah menarik minat pembeli atau keuntungan, bagaimana cara menarik pembeli agar menjadi langganan (repeat order), dan tip dan trik agar tidak malu dalam memulai berwirausaha selalu produktif bagi Generasi Z yang umumnya bersifat konsumtif. Setelah sesi penyampaian materi oleh narasumber ke-dua selesai, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara Eris Noviasari, Amd., MOS dan Wuri Wijayanti, Amd., serta moderator Reni Hariyani, S.E., M.Akt. oleh Dr. Ir. Arief Wibowo, M.Kom. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur) dan penyerahan hadiah kepada para pemenang games dan 5 orang penanya terbaik yaitu Ginaya Luwi, Frisca Anggraeni, Evianti Sabrina, Rara Widaswara dan Recita Shafa oleh Achmad Syarif, S.T., M.Kom. (Ketua Program Studi Sekretari). Acara semiloka ini diakhiri dengan pengarahan teknis TOEIC dan Sidang TA oleh Achmad Syarif, S.T., M.Kom. (Ketua Program Studi Sekretari). Semoga acara Semiloka tahun ini memberikan manfaat bagi para peserta sebagai bekal mereka menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti.  

Comments are closed.