Kolaborasi Dosen FEB dengan Dosen FTI dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Media Informatika

Pada hari Jum’at, 19 Januari 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Pemanfaatan Mobile Apps untuk Sistem Penjadwalan Mata Pelajaran Siswa-Siswi SMK Media Informatika” oleh Achmad Syarif, S.T., M.Kom. (dosen Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Ikhsan Rahdiana, S.Kom., M.Kom. dan Putri Hayati, S.ST., M.Kom. (dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi). Kegiatan PKM ini dilaksanakan di tempat mitra, yaitu SMK Media Informatika yang beralamat di Jl. Lestari 2 No. 99 Kompleks Deplu Petukangan Selatan Pesanggrahan Jakarta Selatan 12270. Kegiatan ini dilakukan oleh tim pelaksana berkoordinasi dengan bapak Anjasmara selaku Kepala Jurusan PPLG. Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah dengan membuatkan prototipe aplikasi penjadwalan mata pelajaran berbasis Android oleh tim pelaksana. Setelah prototipe selesai dibuat dan diuji coba sesuai dengan kebutuhan sekolah, dilakukan pelatihan penggunaan prototipe aplikasi dan pemberian materi tentang perancangan antarmuka aplikasi (desain UI/UX), perancangan basis data, dan teknis pembuatan aplikasi android. Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Jurusan PPLG, guru-guru produktif, dan dua orang perwakilan siswa.

Dokumentasi Kegiatan: Foto bersama dengan mitra kegiatan

Dokumentasi Kegiatan: Pelaksanaan Pelatihan

Tangkap Layar Prototipe Aplikasi

Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan pemberian materi tentang design UI-UX menggunakan Figma, komponen android, penjadwalan mata pelajaran dan absensi, konfigurasi web ke mobile dengan volley, restfull api dan firebase (basis data pemrograman mobile), dan pembuatan program oleh tim pelaksana. Kemudian dilanjutkan dengan praktik penggunaan prototipe aplikasi penjadwalan yang telah dibuat. Di akhir pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi dengan memberikan kuesioner kepada para peserta pelatihan. Dari hasil kuesioner evaluasi pelaksanaan kegiatan ini 100% peserta menyatakan kegiatan ini bermanfaat, mudah dipahami, berjalan efektif dan sesuai harapan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan ini dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dialami mitra.

Dari pelaksanaan PKM yang memanfaatkan teknologi pemrograman mobile dapat disimpulkan bahwa aplikasi android berbasis mobile dapat dimanfaatkan untuk penjadwalan mata pelajaran sekolah, sehingga memudahkan guru untuk plot jadwal dan siswa-siswi mudah untuk melihat jadwal karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Pemahaman tentang perancangan basis data, antar muka (UI/UX) yang user friendly, dan teknis pemrograman android dapat memudahkan pembuatan aplikasi android yang berorientasi basis data seperti prototipe aplikasi penjadwalan yang telah dibuat dan aplikasi Figma dapat digunakan untuk memudahkan perancangan antarmuka aplikasi android karena dapat dilakukan perancangan secara visual.

Comments are closed.