Kolaborasi Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Dosen Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Web untuk Media Pembelajaran Komunikasi Bahasa Inggris dan Konten Media Sosial Bagi Siswa-siswi PKBM Bhakti Asih Ciledug

Salam Budi Luhur

Pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Web untuk Media Pembelajaran Komunikasi Bahasa Inggris dan Konten Media Sosial Bagi Siswa-siswi PKBM Bhakti Asih Ciledug” oleh Achmad Syarif, S.T., M.Kom., Rizky Eka Prasetya, S.Hum., M.Hum. (dosen Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Sukma Alam, M.Ikom. (dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif). Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Lab ICT, Universitas Budi Luhur oleh tim pelaksana berkoordinasi dengan Ustadz Salman selaku pengurus (sekretaris) PKBM Bhakti Asih Ciledug. Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah dengan membuatkan aplikasi pembelajaran daring (online) berbasis web oleh tim pelaksana. Setelah aplikasi selesai dibuat dan diuji coba dengan menyesuaikan kebutuhan PKBM, dilakukan pelatihan kepada siswa-siswi PKBM Bhakti Asih Ciledug. Materi yang diberikan saat pelatihan dibagi ke dalam 3 bidang ilmu yaitu Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK), Bahasa Inggris, dan Komunikasi. Teknis penyampaian materi dengan memanfaatkan aplikasi web yang telah dibuat sekaligus melatih para siswa-siswi pembelajaran daring dengan aplikasi web. Pelatihan ini dihadiri oleh siswa-siswi PKBM Bhakti Asih dan perwakilan pengurus (sekretaris) PKBM yaitu Ustadz Salman.

Dokumentasi Kegiatan: Pelaksanaan Pelatihan

Tangkapan Layar Halaman Login Aplikasi

Tangkapan Layar Halaman Siswa yang Berisi Data Materi Pelajaran

Tangkapan Layar Halaman Pengajar untuk Kelola Materi

Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan pemberian materi tentang TIK yaitu hardware, software, aplikasi word processing, spreadsheet, dan Canva, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang komunikasi, yaitu media sosial sebagai wadah komunikasi dan berkarya, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang bahasa Inggris yaitu kosakata bahasa Inggris media sosial. Saat penyampaian materi sambil dilakukan praktik penggunaan aplikasi web yang telah dibuat. Di akhir pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi dengan memberikan kuesioner kepada para peserta pelatihan. Dari hasil kuesioner evaluasi pelaksanaan kegiatan ini rata-rata di atas 90% peserta menyatakan kegiatan ini bermanfaat, mudah dipahami, berjalan efektif dan sesuai harapan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan ini dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dialami mitra.

Dari pelaksanaan PKM yang memanfaatkan teknologi pemrograman web dapat disimpulkan bahwa aplikasi web dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran daring, sehingga memudahkan siswa belajar mandiri dan dapat mengulang materi pembelajaran setiap saat karena materi-materi tersimpan dalam aplikasi dan dapat diakses secara online.

Comments are closed.