Salam Budi Luhur
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat termasuk internet membawa dampak yang besar bagi segala aspek, tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Sekarang sudah sangat banyak pengusaha yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran dan bisnis. Hal ini tidak aneh mengingat jumlah pengguna internet yang terus bertumbuh pesat dapat menjadi sebuah pasar yang potensial untuk dimasuki para pebisnis. Dilain pihak, pratik commerce dan e-bisnis ternyata mempunyai banyak keuntungan baik bagi perusahaan ataupun konsumen.
Data yang dilansir situs www.globalwebindex, menunjukkan sosial media yang terpopuler di tahun 2019, Youtube dan WhatApps menduduki posisi pertama dan kedua, disusul Facebook dan Instagram sebesar 81% dan 80%. Ini menjadikan suatu peluang bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan pengguna sosial media terpopuler untuk mendapatkan target pembeli. Tidak dapat dipungkiri jejaring social media yang saat ini sering digunakan untuk memasarkan produk antara lain Facebook atau Instagram berkembang diantara pengguna smart phone. Social media ini menyebar dan tidak bisa dibendung lagi hanya di kalangan terbatas. Bahkan, dewasa ini hampir semua kalangan masyarakat dapat dengan mudah menggunakan smartphone nya untuk melakukan bisnis di tengah kesibukannya dengan mendapatkan penghasilan tambahan.
Ada peluang yang bisa dilakukan oleh Warga di Kecamatan Tambora Kota Jakarta Barat dengan beberapa peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini difasilitasi oleh Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Kota Administrasi Jakarta Barat bekerja sama dengan Universitas Budi Luhur untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang sudah mempunyai usaha atau belum memiliki usaha. Program ini dinamakan JakPreneur dengan mendatangkan narasumber dari keahlian masing-masing khususnya yang mempunyai pengalaman bisnis dan menjalankannya melalui online.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan bentuk penyuluhan dan pelatihan mengenai pengenalan pemasaran dengan media sosial dan online marketplace sebagai platform penjualan. Peserta terdiri dari para ibu yang berasal di lingkungan Kecamatan Tambora Kota Jakarta Barat. Sedangkan pemateri berasal dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, dan dari perbankan Bank DKI untuk memberikan dukungan bantuan keuangan kepada pelaku usaha. Kegiatan terdiri dari : Penyuluhan, Pelatihan, dan Monitoring.
Adapun beberapa kegiatan yang berhasil di dokumentasikan adalah sebagai berikut: