PKM Dosen Prodi Akuntansi “Pemberdayaan Karyawan dan Tenaga Outsourcing Di Lingkungan PT. JISS Indonesia Sejahtera Melalui Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19”

Salam Budi Luhur

Keberlangsungan produktivitas perusahaan bagi pelaku usaha sangat penting dilakukan terlebih disaat masa pandemi akibat penyebaran virus covid-19 khususnya di Indonesia. Klaster penyebaran virus covid-19 juga terjadi dilingkungan perkantoran tak terkecuali di sektor swasta. Klaster perkantoran terus bertambah dari hari-kehari yang menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait bekerja di lingkungan kantor. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di PT JISS Indonesia Sejahtera dimana peserta dalam kegiatan ini adalah karyawan dan tenaga outsorcing pada PT JISS Indonesia Sejahtera. Kegiatan dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan terhadap covid-19.

PT JISS Indonesia Sejahtera yang merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kantor di daerah Mampang Prapat, Jakarta Selatan. Perusahaan ini bergerak dalam bidang outsourcing security dimana perusahaan harus memberikan training/ pelatihan kepada calon-calon security tersebut sebelum disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan tenaga security tersebut. Sadar dengan kondisi saat ini, PT JISS Indonesia Sejahtera mengundang tim Universitas Budi Luhur untuk bekerjasama dalam pelaksanaan sosialisasi terkait protokol kesehatan covid-19. Tim dosen yang berperan dalam kegiatan tersebut yakni: Ibu Dr. Agoestina Mappadang, S.E., M.M., BKP, Ibu Melan Sinaga, S.E., Ak., M. Ak, dan Bapak Dr. Amir Indrabudiman, S.E., M.M.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari empat tahap, yaitu :

  • Tahap melakukan evaluasi awal mengetahui peserta tentang covid-19. Kegiatan ini dilakukan dengan meminta peserta mengemnukakan pendapatnya terkait covid-19 yang mereka ketahui.
  • Pemberian materi tentang covid-19, cara penularannya dan terkait ciri-ciri orang yang terinveksi covid-19.
  • Pemberian materi tentang covid-19 terkait pencegahan melalui potokol kesehatan untuk lingkungan kantor.
  • Pendampingan dilakukan dalam rangka untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kepatuhan peserta terhadap materi yang diberikan.

Adapun poto-poto kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil didokumentasikan sebagai berikut :

Gambar 1. Suasana Kegiatan

Gambar 2 Pemberian Materi Pajak

Gambar 3. Rapid Tes kepada seluruh peserta, sebelum memasuki ruang kegiatan (kerja sama dengan RS Bethsada)

Gambar 4 Para Peserta Kegiatan

Comments are closed.