PKM Dosen Program Studi Akuntansi dan Manajemen “Pelatihan Pencatatan Penjualan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Reseller PT Serikat Raja Lokal” (Beeme Skincare Ibu dan Anak)

Salam Budi Luhur,

Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, yang terdiri dari Ivo Rolanda, S.M.B., MM, Anissa Amalia Mulia, SEM, M.Akt, dan Mia Laksmiwati, SE., MM, telah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengambil tema “Pelatihan Pencatatan Penjualan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Reseller PT. Serikat Raja Lokal” pada 25 Maret 2022 yang dilaksanakan secara virtual.

      Dalam rangka meningkatkan pendapatan, ada berbagai cara yang dapat dilakukan khususnya ibu rumah tangga. Para ibu rumah tangga tersebut memanfaatkan waktu luang nya dengan produktif.  Sekarang aktivitas tersebut dipermudah dengan cara pemanfaatan teknologi informasi. Para ibu rumah tangga dapat menjalankan usaha sampingan yang secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan dengan turut memanfaatkan internet dengan menggunakan metode yang dikenal dengan digital marketing. Berbagai alasan memiliki usaha sampingan selain untuk menambah pendapatan, seperti dapat mencapai target keuangan, mengisi waktu luang dan memanfaatkan internet, ingin membuktikan kemampuan pribadi di depan pihak tertentu atau di hadapan keluarga besar, persiapan pensiun.                                   

Tujuan umum dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha, khususnya reseller Beeme tentang pentingnya pencatatan akuntansi, antara lain: untuk mengetahui kondisi finansial yang terjadi dalam sebuah perusahaan, memberikan informasi secara rinci mengenai keuntungan yang didapatkan, membantu untuk mencatat anggaran yang diperlukan sehingga dapat meningkatkan efisiensi modal yang digunakan, menentukan keputusan bisnis di masa mendatang.

Gambar: Pelaksanaan Kegiatan Webinar Pelatihan Pencatatan Penjualan

Metode yang diaplikasikan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara memberikan pembekalan materi atau konsep terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan praktiek menggunakan aplikasi pencatatan penjualan (Aplikasi Qasir) dengan menggunakan materi-materi konsep yang telah dipresentasikan. Pelatihan meliputi ceramah pengenalan aplikasi Qasir, cara install aplikasi, cara mengaktifkan aplikasi dan praktik penggunaan. Untuk memudahkan pelatihan, selain pengenalan semua materi disampaikan dengan diskusi masalah dan praktik secara langsung dalam pembuatan laporan melalui aplikasi. Dari pelatihan ini dampak yang diharapkan muncul adalah memberikan kemampuan dan keterampilan kepada peserta dalam menggunakan aplikasi pembukuan ini sehingga mampu untuk membuat laporan keuangan yang pada akhirnya dapat memberikan akuntabilitas dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan yang menghasilkan kepercayaan yang lebih baik kepada pihak pihak yang terkait.

Hasil pelatihan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah banyaknya antusiasme dari para peserta mengenai pencatatan penjualan melalui pemanfaatan teknologi informasi yang diikuti dengan banyaknya pertanyaan dari peserta mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi pencatatan penjualan (Qasir), membuat laporan transaksi penjualan dan juga menganalisis laporan transaksi penjualan. Para peserta menjadi paham tentang: melacak pengeluaran dan penerimaan, membantu pembuatan anggaran, pembayaran pajak, membantu analisis, kemudahan pelaporan pada investor. Mereka akan segera menggunakan Aplikasi Qasir dan meminta agar pelatihan seperti ini diperbanyak dan diperpanjang waktu pelatihannya.

Comments are closed.