PKM Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis “Arti Penting dan Peran Packaging Bagi Produk-Produk UMKM Untuk Bersaing pada Platform E-Commerce di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang”

Salam Budi Luhur,

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Saat ini setidaknya UMKM dapat memulai menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tanpa perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPS, diketahui jumlah pelaku UMKM di seluruh Indonesia sebanyak 26.073.689 Usaha yang terdiri dari berbagai kategori jenis usaha. Provinsi Banten memiliki total pelaku UMKM sebanyak 943.922 usaha. Metode pengemasan sebagian besar belum sesuai dengan standard untuk penjualan di e-commerce.

Minimnya pengetahuan para pelaku UMKM di Ciledug terhadap peran packaging menginspirasi Tim Dosen melaksanakan kegiatan pengarahan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM di Kecamatan Ciledug tentang arti dan perana packaging bagi produk UMKM untuk bersaing pada platform e-commerce di Ciledug. Kegiatan PKM oleh tim dosen dilaksanakan oleh Yugi Setyarko, Astrid Dita dan Elizabeth.

Penjualan melalui e-commerce merupakan metode penjualan yang menghubungkan antara pembeli dan penjual secara online dengan bantuan internet. Namun penjualan secara online ini harus diimbangi dengan pengemasan produk yang sesuai agar kualitas produk akan tetap sama ketika sampai ditangan pembeli. Dengan desain, kualitas dan pengemasan yang baik akan mendukung sebuah produk untuk mampu eksis di platform e-commerce karena banyak pelanggan yang puas dengan hasil belanja mereka. Kemasan melindungi produk dalam perjalanannya dari produsen ke konsumen agar produk tersebut tidak rusak. Untuk beberapa jenis produk yang dapat membahayakan anak-anak biasanya diberi kemasan pelindung khusus.

Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2020, berlokasi di Kantor Kecamatan Ciledug dan dihadiri kurang lebih 30 pelaku UMKM yang merupakan perwakilan dari 8 kelurahan di Kecamatan Ciledug. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, selanjutnya para pelaku UMKM diarahkan untuk menerapkan packaging yang sesuai dengan produk yang dijual sehingga mampu terus bersaing pada platform e-commerce.

Diharapkan dengan kegiatan ini para pelaku UMKM memiliki wawasan lebih yang berkaitan dengan packaging produk sehingga dapat menambah value untuk mendongkrak pertumbuhan pasar dan penjualan jangka panjang di masa mendatang khususnya bagi produk-produk UMKM di wilayah Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Comments are closed.